KENALI BEBERAPA MOOD SWING YANG TERJADI PADA DIRIMU BISA JADI ITU TIDAK NORMAL

HollaAssalamu'alaikum


Sumber : Google.com

Pernah gak kalian mengalami suatu perasaan yang gak enak, bawaan nya itu pengen nagis terus sebentar sebentar pengen ketawa. Atau sering bete, ya ampun sumpek banget ya, sumpah ini kok cuaca panas banget, aku kesel, lagi gak mood. Pengen ninju orang rasanya, bawaan nya tu mau marah marah aja. Aku ataupun kalian pasti pernah merasakan hal yang tiba tiba berubah ataupun suasana hati tidak dalam kondisi sinkron.

Bisa jadi itu merupakan keadaan mood swing ?
Mood swing ? Aku baru dengar kata ini ketika seorang teman aku sebut saja pute, menjalakan aktivitas tiba tiba dia langsung berubah raut muka nya. Dan yang dipertanyakan kamu kenapa ? Jawabanya lagi mood swing. Apa itu mood swing ? Dijelaskan nya lah arti dan kondisi saat mood swing tersebut.


Sumber : Google.com

Well, biar kalian gak penasaran ya, mood swing itu udah lama ada kata itu, cuma gak booming, seperti kata-kata yang sering viral. Mungkin orang lebih senang nyebutnya lagi badmood gue bete. Mari kita simak penjelasan mood swing atau biasa juga disebut dengan Oscillation of a person’s emotional feeling tone between period’ of euphoria and depression. Yang artinya yaitu suatu keadaan dimana terjadi fluktuasi atau perubahan kondisi emosi seseorang baik fisik maupun psikis dalam keadaan tertekan.




Intinya mood swing itu bisa terjadi perubahan perasaan pada seseorang yang tak menentu atau sering berubah-ubah. Ada saatnya mereka ataupun kita  merasa senang, lalu tiba-tiba berubah menjadi kesal, marah atau bisa sampai merasakan depresi sekalipun. Tetapi kalian jangan takut ya, selama perubahan emosi ini tidak berdampak kepada kehidupan secara ekstrem, maka Anda masih dapat dianggap sehat ataupun normal.

Lalu bagaiman bisa terjadi mood swing itu ?
Mood swing bisa terjadi beberapa faktor yang berbeda-beda. Diantaranya


Sumber : Google.com

Cuaca : Panas sinar matahari bisa memicu otak kita merasa senang bahagia dan sedih, tetapi jika kekurangan sinar matahari dalam kurun waktu yang lama bisa membuat tubuh kita kekurangan endorfin, bisa mengakibatkan depresi musiman.


Sumber : Google.com

Makanan : Makanan yang sering kita makan, bukan cuma menghasilkan energi untuk kita beraktifitas diluaran sana. Tetapi bisa juga memengaruhi mood dengan merangsang produksi dopamin. Dopamin adalah senyawa kimia dalam otak yang membuat kita merasa senang, bahagia, dan puas, untuk mendorong kita mengulang perilaku menyenangkan tersebut.


Sistem imun: Kekebalan tubuh bisa juga membuat mood kita turun naik, contohnya saja saat kita sakit pasti kita merasakan males yang luar biasa untuk melakukan aktivitas dan perasaan kita menjadi tidak karuan.


Sumber : Google.com

Kondisi hormon : Remaja yang sedang mengalami PMS atau wanita yang sedang  hamil, serta wanita menopause adalah orang orang yang paling besar terkena mood swing, karena kondisi hormon dengan kondisi hati. Adapun kondisi hormon ini bisa mengakibatkan emosi yang labil.

Adapun contoh gangguan emosi yang mengakibatkan mood swing kita tiba naik diantaranya :


Sumber : Google.com


Gangguan depresi berat : Merupakan mood swing yang di lakukan berlebihan dalam kurun waktu yang panjang, misalnya kamu sedih selama satu minggu karena sesuatu hal yang merusak mood kamu. Itu bisa dikatakan kamu mengalami depresi berat


Sumber : Google.com


Gangguan bipolar : Wah, apa itu gangguan bipolar, gangguan bipolar bisa juga disebut dengan gangguan mania yaitu kita berulang kali mengalami yang namanya kesedihan ekstrem, dan kebahagian yang ekstrem juga.


Sumber : Google.com


Gangguan pramenstruasi disforik : Dari namanya saja pramenestruasi, pasti kalian pernah merasakan sebelum menstruasi itu bawaanya pengen nabok orang, dan kesel, gak mood terus gelisah. Itu terjadi ketika menjelang tahap menstruasi pada wanita. Jadi buat kalian sesama wanita jangan mau bikin salah sama orang kalo lagi dalam fase ini, bahayaa mending kita diam aja ya, dari pada ngelakuin sesutu hal eh tetap salah haha.


Sumber : google.com

Disregulasi mood : Disregulasi mood itu biasanya sering ditandai dengan kemarahan yang menetap dan sering meledak-leda lada diri sendiri. Biasnya neh ya kalo kalian sering marah marah gak jelas, ini salah itu salah, kalian marah. Itu tandanya mood swing kalian lagi dalam fase ini. Dan juga ketika seseorang melakukan hal ini terus menerus kalian bisa di nilai tidak konsisten dengan perkembangan usia yang ada.


Sumber : Google.com


Dan perlu kalian ingat juga ya, perilaku yang mengkonsumsi obat-obatan ataupun minuman keras yang menjurus kecanduan, dinilai sebagai gangguan kondisi mental yang bisa mengakibatkan mood swing juga loh. Ingat ya Bahayaaaaaaaaaa

FYI ya
Ketika kamu mengalami stres berat, itu bisa mempengaruhi suasan otak, dan jiga bisa memicu ketidakseimbangan materi otak. Hal ini berdampak dimana seseorang akan berperilaku, berpikir atau bahkan sampai memicu gangguan jiwa. Pasti gak pengen kan, setres diusia muda.


Sumber : Google.com

Dan juga, buat kalian jangan pernah menggap mood swing, karena jika sudah mood swing ini tinggi dan juga sudah parah akan berdampak pada kelainan psikologis yaitu bipolar disorder. Wah bahaya banget kan. Bipolar disorder memiliki mood swing yang tinggi dan berdampak mempengaruhi kualitas hidupnya, bahkan yang lebih parah bisa mengganggu ataupun merusak kegiatan sehari-hari.


Sumber : Google.com

Pasti kalian semua bertanya apakah dampak ini akan mempengaruhi lingkungan sosial ? Jawabanya ya. Dimana seseorang merasa takut dan was was ketika berada di samping kita, selain itu juga interaksi kita dengan orang sekitar menjadi terganggu akibat mood swing yang kita alami, dan juga bisa berakibat kesalahpahaman, yang selanjutnya menimbulkan percekcokan.



Sumber : google.com

Sebaiknya ya, kita perlu mencek kondisi mood swing kita apakah masih dalam batas norma atau sudah dalam kondisi yang siaga, jangan sampai dalam kondisi berbahaya. Waduh itu bakalan berakibat buruk untuk kedepanya, jangan lupa konsultasikan dengan orang terdekat ataupun dokter spesialis sekalian yaa.

Salam sugar,


10 comments:

  1. Pms sama lapar yang biasanya berpengaruh sama mood swing ku. Pernah sampai nangis gara-gara makanan yang kupengen dimakan adikku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, aku biasanya kalo lapar kytu jua. Sensi dan cenderung emosi.

      Apalagi kalo pas uyuh, lapar, rumah tehambur. Wah komplit dah. Wkwkkk

      Delete
  2. Baru tahu jua nah ada istilah mood swing. Ada bbrp typo, tp isinya oke bnr. Sgt informatif👍

    ReplyDelete
  3. Wah aku baru tau tentang bipolar... Jadi penasaran aku nis

    Eny from Enychandotcom

    ReplyDelete
  4. aku paling sering mood berubah itu gara-gara cuaca, makanan, sama hormon neh. Bahkan mood turun naik mulu, mana anaknya memang moody-an lagi. Huhu

    ReplyDelete
  5. Nahh in ni sering aku alamin kalau mau pms wkwk biasanya kalo pagi itu ud ga mood trus deh seharian itu bs g mood.. Makanya penting bgt utk aku morning booster wkwk Nisa ud kaya dosen psikologi aja yahh.. Ciee ilmunya brfaedahh nis 😊

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat waktu hamil dulu, itu mood swing terparah yg pernah aku alami. Kalau PMS dll biasanya aku emosi sama org terdekat kayak suami, sama org lain jarang. Hehe ^^

    ReplyDelete
  7. Waw.. Bipolar ini msk kategori penyakit jiwa ya klo g slh. Sama kyk yg dialamin chester n ini menurutku mood swing paling bahaya loh krn sdh melebihi lingkup mood swing sewajarnya.

    ReplyDelete
  8. Kayaknya faktor hormon adalah yang paling mendominasi mood swing pada cewek. Wajib sih menurutku kalo cewek mood swing, hehe. Asal jangan kelewatan.

    ReplyDelete
  9. Suka deh sama bahasanmu. Lengkap, lugas dan ringan. Aku juga gini si.. tapi nggak yang dadakan berubah mood juga sih. Entahlah, mungkin ada tanda depresi wkwk

    ReplyDelete

Pages