Kenali Tanda Kelinci Hamil, Cocok Bagi Pemula

kelinci-hamil
Paling depan ada Anya,Emon, Panda dan Choki

Suara kelinci hamil memang sangat menggemaskan. Meski terkadang hewan ini sangat jarang mengeluarkan bunyi suara. Tetapi sekali mengeluarkan membuat ciri fisik dari hewan ini sangat lucu. Ia menggunakan suara dari perut. Makanya wajib banget bagi kita seorang peternak untuk mengetahui tanda kelinci hamil yang aku bagikan dibawah ini ya.

Baca Juga : 

Tips agar cepat kelinci hamil?

Untuk kelinci biasanya masa hamil nya sekitar 1 bulan atau kurang dari itu. cukup diamkan betina dan jantan dalam satu kandang berdua.
Setelah menunggu lima menit, selesai sudah perkawinannya. Tidak perlu akad nikah, dan juga penghulu, apalagi seperangkat tumbuhan wortel itu tidak perlu ya hihi. Biasanya kelinci mengalami siklus 5 kali melahirkan dalam setahun.

Berapa anak dalam sekali melahirkan?

kelinci-hamil
Bayi kelinci baru melahirkan umur sekitar 3 hari

Satu kali dalam melahirkan biasanya dapat bayi kelinci 3 sampai 15 anak. Tapi, saat kelinci mengandung sangat rentan juga yang namanya keguguran.
Karena aku tidak tega melihat dia melahirkan begitu kesakitan. Sambil melepaskan bulu-bulu nya untuk kehangatan sang anak. Membuat aku menangis terharu huhuhu. Oleh sebab itu,kelinci dibuat hamil dan melahirkan cuma satu kali dalam setahun. Soalnya kasian, liat dia mengejan sambil menahan sakit.

Tujuan mempelajari ini?

Tentunya agar mengetahui tanda kelinci hamil, sekaligus menjaga anak yang sedang ia kandung. Ini sangat penting karena kita bisa memperhatikan dan memperlakukan indukan kelinci lebih baik lagi.

Apabila perlakuan terhadap indukan kelinci tidak tepat, maka bisa menyebabkan keguguran, alhasil kelinci merasakan kehilangan janin yang dikandungnya.
Pasti sedihkan, kehilangan orang yang disayang, begitupun kelinci.Untuk dapat mengenali ciri ciri betina ini hamil, sudah dirangkum dalam pengalam pribadi sebagai peternak kelinci. Jadi biar tidak bingung lagi, mari disimak ya :

Lebih sensitif dan suka stres

Hal ini terjadi ketika kelinci betina melakukan aksi yang tidak biasa. Pada saat kelinci pertama aku hamil dia lebih stres dengan menaiki anak tangga, padahal selama merawat ia tidak pernah melakukan hal yang bisa membahayakan dirinya.
Naik keatas kandang dan juga terjun bebas dari atas kandang. Ada juga yang satunya, lebih sering meloncat kandang pembatas antara teras belakang rumah dengan dapur.

Padahal untuk tinggi dari pembatas itu sekitar 80 cm padahal itu lumayan tinggi untuk ukuran badan kelinci. Sensitif terhadap bunyi yang membuatnya merasa terancam. Misalkan mendengar bunyi asing, kelinci betina bersiap mengambil langkah untuk segera bersembunyi dari lawannya.

Tidak mau mendekat dengan si Jantan, dan tidak mau dikawinkan lagi ketika melihat teman yang pernah berdua di kandang yang sama, kelinci betina lebih suka menghindar dan menjauh, hal ini dikarenakan ia sedang hamil.
Apabila sang peternak tetap kekeh ingin menyatukan mereka berdua dalam satu kandang lagi, maka si betina ini akan terlihat menghindar, seperti lari-lari di dalam kandang, atau pura pura mati tanpa bergerak, dan lebih parahnya lagi menjadi galak terhadap si jantan.
Hal ini bertujuan untuk membuat si jantan menjauh dari dirinya.

Sering menggigit, menggali, mengorek kandang

Jika posisi nya berada di tanah, maka yang akan digali oleh kelinci itu adalah tanah untuk membuat lubang buat dia saat melahirkan.

Semakin mendekati hari persalinan, maka semakin gencar dan semangat ia menggali kandang. Layaknya yang dilakukan oleh binatang yang lain, mempersiapkan dan memberikan yang terbaik untuk kelahiran anaknya.

Nafsu Makan Meningkat

Seperti pada hewan pada umumnya saat mengandung, hal ini pun sama juga dilakukan oleh seekor kelinci. Biasanya pada saat hamil, kelinci memang lapar dan ingin makan lagi dan lagi.

Maklum saja, ada anakan yang harus dicukupkan nutrisi didalam perut si betina. Hal ini harus diperhatikan sama kita ya, untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan makanan nya, serta menjaga janin yang ada didalamnya.

Lebih pemarah dan agresif

Kelinci memang hewan yang lucu, tetapi sekali dia menjadi pemarah dia akan mencakar dengan kuku tangan dan kaki. Bisa juga ia akan melakukannya dengan gigitan. Ini pernah terjadi waktu si Anya (nama kelinci yang pertama) saat dia memang tidak diketahui sedang hamil. Saat itu mencoba untuk menggendongnya, eh malah kena cakar, dan bersifat galak.

Tiba-tiba bingung kan, coba dielus kepalanya tetap saja, malah melakukan aksi dengan mencoba menggigit. Ternyata setelah melahirkan, itu merupakan tanda kalau ia lagi hamil dan memang tidak enak bawaan perut. Alhasil menjadi garang hihi.

Nah itu tadi merupakan tanda kelinci sedang hamil. Sebaiknya kalo memang dekat dengan dokter hewan, kalo masih ragu bisa langsung dibawa ke situ ya.Biar di cek kondisi kandungan dan kita pun sebagai peternak lebih telaten dalam menjaga dan merawatnya. Untuk itulah penting nya mengenal tanda kelinci hamil.

Salam sugar ❤

7 comments:

  1. Waaa banyak ya sekali melahirkan, kebayang ga itu 15 gimana peliharanya. :D Aku lho nis, pelihara kelinci ga pernah awet. Huhu :(

    ReplyDelete
  2. Lucu juga ya kalau sekali beranak keluar 3 sampai 15 hihi pasti merawatnya perlu ekstra juga, namun kelinci memang peliharaan yang menggemaskan, sayang aku g biasa pelihara hewan :D

    ReplyDelete
  3. ya ampun sampai 15 itu gimana ya ngeluarinnya. heu. suamiku ada sih nawarin miara kelinci tapi aku nggak mau soalnya kelinci anaknya banyak. hihi

    ReplyDelete
  4. Ya Allah lucunya. Baru kali ini lihat bayi kelinci.Jujur 3 kali aku pelihara kelinci gak ada yang ebrtahan lama. 1 kali sakit. 2 kali mereka nyebur di kolam ikan dan saluran air di luar. Harusnya di kandangin aja ya, huhu

    ReplyDelete
  5. Wah lucu banget nisaa aku jadi pengen punya kelinci nih hihi tapi emang blm pernah coba pelihara kelinci

    ReplyDelete
  6. aku pengen padahal pelihara kelinci atau kucing gitu
    tp dibilangin sama si mas : gk usah, km yg bisa pelihari
    emon mana nis?

    ReplyDelete
  7. Masya allah... Lucu banget kelinci baru lahir... Pink gitu g berbulu... Asli baru pertama kali aku liat kelinci baru lahir kak....

    ReplyDelete

Pages