Review The Purpose Of Life – Novel Karya Alnira


The Purpose Of Life Novel karya Alnira. Sebelum mengenal Alnira sang penulis dari Palembang, aku mengenal salah satu platform yang isinya banyak calon penulis yang membuat novel mereka disana. Kebanyakan para penggemar menyebutnya dunia orange, padahal sebenarnya itu merupakan suatu aplikasi yang bernama wattpad. Dulu 2016 wattpad ini sama sekali tidak berbayar, tidak banyak iklan yang terpasang dan juga tidak ada namanya koin.

review-novel-karya-alnira

Di wattpad semuanya dibaca gratis, dan bersyukur banget kalo kita sebagai pembaca bisa mengikuti suatu karya awal mula dibentuk hingga proses penerbitan menjadi novel. Biasanya nih semakin tinggi minat pembaca pada suatu karya di dunia orange, semakin cepat sang penulis menyelesaikan ceritanya.

Bagaimana bisa bertemu Alnira penulis novel the purpose of life

Awal bertemu dengan Alnira ini, ketika aku mencari suatu judul novel yang baru. Eh ketemu sama satu judul yang pembaca, sekaligus komentarnya itu rame banget.

Kalo gak salah judul yang pertama aku baca itu Dunia Nadhira, nah disana aku mengikuti setiap tulisannya hingga akhirnya ia menulis novel yang berjudul The Purpose of Life. Saking penasarannya, tiap hari selalu aku mantengin wattpad kali aja ada notifikasi yang update.

Sampai novel ini selesai diterbitkan di wattpad, masih ada hal yang menggantung dari cerita ini, yaitu di bagian epilog haha. Karena pada bagian epilog hanya terdapat di novel, kebayang dong yang sudah mengikuti dari awal dibuat penasaran dan digantung hingga bertanya-tanya.

Akhirnya aku memang memutuskan untuk membeli novel the purpose of life cetakan pertama. Mungkin sekarang udah cetakan kesekian kalinya hihi.

Baca juga: https://www.nisazet.com/2018/07/meet-and-great-bersama-penulis-arumi.html

Review the purpose of life

Penyusun : Alnira (Alnira ini nama pena ya)

Penyunting : @Zainulmind

Penyelaras akhir :@Senotepe

Tata Letak : Sri

Pendesain Sampul : Nanda

Penyelaras akhir desain sampul : Fahmi Fauzi

Penerbit : Wahyu Qolbu

Redaksi : Wahyu Qalbi

Kategori : Novel Islami

ISBN 978-602-6358-49-3

Cetakan 1, Maret 2018

Tebal 328 Halaman

Harga : 75.000

Tempat membeli : Gramedia Banjarmasin

The purpose of life bercerita tentang apa?

“Dalam perjalanan hidup manusia, tidak harus selalu bercerita tentang cinta. Tidak selalu tentang mencari tambatan jiwa, tidak juga tentang patah hati apalagi materi. Hakikat hidup yang sebenarnya adalah mencari ridha Ilahi”

novel-karya-alnira

Riley Anderson, pemuda Australia bingung antara atheis atau agnostik yang sepanjang jalan hidupnya tidak pernah susah, berwajah tampan, bergelimang harta, dan memiliki keluarga yang amat sangat mencintainya. Meskipun demikian, riley tetap merasa ada ruang hampa di dalam hatinya. Menurutnya ada yang salah dengan tujuan hidupnya. Sesuatu yang sekuat apapun dia mencari, tapi tidak menemukan jawabannya.

Dan wanita muda bernama Shafana Kanzia Nadhifah yang sedang berada di persimpangan jalan. Isi kepalanya dipenuhi dengan begitu banyak pertanyaan tentang agamanya sendiri. Kenapa ada ini, kenapa harus itu. Ia tengah ragu, dan sedang dalam pencarian.

The purpose of life berkisah antara Riley dan Shafa mereka bertemu tidak sengaja di suatu kereta, dan Riley membantu Shafa menurunkan kopernya, karena kesusahaan akibat desak desakan. Tidak ada pembicaraan khusus karena mereka tidak saling mengenal. Hingga suatu ketika, Riley bertemu lagi dengan Shafa yang dimana mereka menginap di hotel yang sama.

Ternyata terungkap disini tujuan Riley datang ke Kuala Lumpur untuk mencari sesuatu, bukan cinta tapi keingintahuannya tentang kebenaran Tuhan. Karena rasa Penasaran shafa akhirnya ia memutuskan untuk bertanya kenapa ingin tahu masalah ini? Akhirnya Riley bercerita tentang kebingungan nya dari mana ia berasal, dan kemana ia setelah tiada.

Karena kejadian Riley dan Shafa hampir mirip, Akhirnya shafa menyarankan Riley untuk ikut ke Palembang dan belajar Islam bersama kakak sepupunya. Awalnya riley menolak, karena suatu alasan. Tapi akhirnya memutuskan untuk ikut bersama shafa dan memulai mempelajari Islam bersama dengan kakak sepupu shafa dan paman dari adik ayahnya shafa.

Apakah the purpose of life berkisah tentang percintaan?

Kalau membahas percintaan antara Riley dan Shafa itu di epilog gaes, tidak membahas percintaan mereka, lebih ke pembahasan percintaan antara umat dengan Sang Pencipta, yas itu benar. Antara Nabi dengan Sang Pencipta. Antara bakti anak dengan orang tuanya, bahkan ini novel yang sering aku baca kalo lagi down, walaupun berulang ulang tapi tetap membuat terharu dan sampai meneteskan air mata.

Pesan yang didapat setelah membaca the purpose of life

novel-karya-alnira

Banyak banget pesan yang aku dapatkan setelah membaca the purpose of life ini, mulai mengerti arti tujuan hidup, hidup lebih tenang, lebih bisa menerima suatu hal yang terjadi memang kehendaknya. Cerita nya ini romantis banget menurut aku, bukan romantis antara umat dengan umatnya. Tapi tentang bagaimana cinta yang sebenarnya kepada Tuhannya (Allah SWT).

Kutipan favorit novel the purpose of life

“Rasulullah saja kalau menegur salah satu sahabatnya yang melakukan kesalahan, tidak pernah pernah didepan umum. Itu sama saja dengan mempermalukan orang lain, merusak citra orang”

“Untuk dirimu yang sedang mencari jati diri. Langkahkan kakimu untuk memperbaiki diri. Dekatkan dirimu kepada Sang Ilahi. Kelak kau akan temukan jawaban di hati. Jangan pernah berhenti sampai Allah Mengatakan sudah waktunya untuk kembali"

Saking banyak nya kutipan favorit yang ada didalam novel the purpose of life sampai bingung mau ngambil yang mana hihi.


9 comments:

  1. Novel best seller begini biasanya ceritanya memang bagus. Cerita yang menyentuh pastinya bikin menyenangkan pembaca.

    ReplyDelete
  2. Aplikasi menulis digital semakin lama jumlahnya nambah. Menguntungkan pembaca buat baca dong. Semoga literasi masyarajat bertambah.

    ReplyDelete
  3. Iya kalau buku bagus biasanya banyak banget pesan moral yg bisa kita ambil tanpa kota merasa dihakimi ya

    ReplyDelete
  4. Jadi ingat pertama kali ikut kajian di kampus. Ditanyain apa tujuan hidupnya? Apa cita-citanya ... Kita biasanya jawab mau jadi Dokter, atau apa. Ternyata lebih dalam lagi kalau kita itu berasal, untuk dan kembali kepada Allah. MasyaaAllah bukunya bikin penasaran kalau sampai bikin nangis Mbak Nisa 😆

    ReplyDelete
  5. Setuju sama kata-kata bahwa hidup cerita ttg cinta melulu, tentang 0atah hati dan lainnya masalah cinta, banyak hal lain yg ada di dalam kehidupan ini seperti novel ini kan ya ttg dia dan agama serta tuhanNya.

    ReplyDelete
  6. wah ini novel islami, ya? sekarang keberadaan plaform menulis online ini membantu banget ya buat para penulis menerbitkan karyanya

    ReplyDelete
  7. Wah, suka nih sm kutipan2nya. Terutama tentang cara menegur orang. Memang bener kalo menegur org ditengah umum itu menyakitkan. Jauh lebih baik bila dibicarakan 4 mata.

    ReplyDelete
  8. Aku kalo dah baca novel begini kadang terharu bgt bisa sampe nangis2 mendalami bgt kalo membaca truss isinya emang ga mesti harus cinta kesesama, cinta boleh yaa tp kayanya cinta kepada sang pencipta ga mesti kesesama alurnya agar si pembaca jg ga ngotot suka baca baca novel percintaan tp tentang cinta kepada tuhannya

    ReplyDelete
  9. aku blm pernah baca nih novelnya nis
    jadi penasaran banget sama novel The Purpose of Life. Pada akhirnya tujuan terakhir kita adalah rumah, rumah di akhirat. Semoga di kumpulkan dengan orang2 yang sholeh aamiin

    ReplyDelete

Pages